•   Minggu, 29 Januari 2023
Berita, Kabar Baik
( kata)
Gebyar Kampung Kelinci, Tanjungsari Reborn

Desa Tanjungsari, Kecamatan Panekan, Magetan, tak main-main untuk kembali menjadi sentra budidaya kelinci.

Selama dua hari, 30-31 Juli 2022, Desa Tanjungsari menggelar serangkaian acara Gebyar Kampung Kelinci, Tanjungsari Reborn.

Ada Bazar UMKM, lomba mewarnai, balap kelinci, kuliner, pertunjukan seni, yang semuanya bertemakan kelinci.

“Ini bagian dari upaya kami untuk lahir kembali sebagai sentra budidaya kelinci di Magetan. Upaya yang sudah lima tahun terakhir kami lakukan,” kata Agus Mujoko, Ketua Panitia, Gebyar Kampung Kelinci,  Sabtu (31/07/2022).

Menurut dia, era 1980-an, Desa Tanjungsari menjadi sentra budidaya kelinci, hingga puncaknya pada 1985 Desa Tanjungsari berada di level nasional. Kelompok pembudidaya kelinci bisa bertemu dengan Presiden Soeharto kala itu.

Kegiatan gebyar Kampung Kelinci dipusatkan di Taman Kangen Kelinci. Anggota DPRD Jawa Timur, Diana AV mendukung upaya Desa Tanjungsari untuk terlahir kembali sebagai kampung kelinci. (Baca juga: Bangkitkan Lagi Usaha Sablon Pascapandemi)

Diana Sasa sampai datang dua kali. Pertama, saat memberikan puluhan hadiah doorprize untuk peserta lomba mewarnai. Berikutnya, datang untuk perform dalam Tari Tembang Pitoe di acara pembukaan yang dihadiri Bupati Magetan Suprawoto. (Baca juga: Dukung Penuh Pertanian Organik Demi Kelestarian Alam dan Demi Anak Cucu)

“Luar biasa apa yang dilakukan semua elemen di Desa Tanjungsari ini. Saya bahagia menyaksikan dan ikut ambil bagian di sini. Ada semangat, gairah, dan optimisme yang harus kita didukung agar Desa Tanjungsari menjadi sentra kelinci,” tutur perempuan yang biasa disapa Sasa ini.

Sukses. Ratusan pengunjung datang silih berganti, dan Desa Tanjungsari siap terlahir kembali sebagai kampung kelinci. (Baca juga: Diana Support Pebudidaya Jamur)

Tinggalkan Komentar

Artikel lainnya...

Liputan Politik Sampai Keliling 32 Kota Sekali Berangkat
Liputan Politik Sampai Keliling 32 Kota Sekali Berangkat

Pengalaman di dua percaturan politik pemilihan kepala…

Ide Saya di Buku Pertama
Ide Saya di Buku Pertama

Para Penggila Buku: Seratus Catatan di Balik…

Peran Anggota DPRD dalam Penyaluran Program Beasiswa
Peran Anggota DPRD dalam Penyaluran Program Beasiswa

Mungkin banyak masyarakat belum tahu bahwa anggota…