•   Kamis, 22 Februari 2024
Gagasan
( kata)
Mencontoh Toleransi di Desa Wonomulyo Magetan
Advertisements

Sebagai anggota DPRD, saya terkesan ketika hadir di agenda upacara galungan Jeblog desa Wonomulyo Magetan.
Ini adalah acara enam bulanan sebagai peringatan wafatnya Ki Hajar Wonokoso. Beliau adalah pembabat alas desa yang sebelumnya disebut dengan Jeblog.

Nah menurut saya yang menarik adalah toleransi yang ada dalam upacara tersebut. Karena di desa tersebut terdiri dari beragam agama dan aliran kepercayaan. Uniknya mereka menyatu untuk memperingati agenda tersebut.

Terutama dalam menyuguhkan hidangan khas pedesaan yang biasanya disebut dengan pelengkap ubo rampe. Mulai dari tumpeng nasi jagung, tempe, botok pelas.

Ada juga kelapa, pisang, gulang merah dan masih banyak lagi. Semua dibawa dan disuguhkan untuk tamu dan hidangan bersama. Tanpa hadirnya kerukunan dan toleransi, tidak mungkin hal ini bisa dilaksanakan dengan baik.

Tidak ada unsur masyarakat yang absen, semua ikut serta. Sehingga acara ini selalu menjadi rujukan dan contoh bahkan oleh dinas pariwisata setempat.

Maka tidak heran masyarakat di desa Wonomulyo Magetan sangat rukun, dan jarang terdengar adanya konflik. Mereka sudah terbiasa menghadapi perbedaan dengan bersama-sama mengadakan satu kegiatan.

Pendapat saya, adanya kesatuan ketika menemukan satu agenda yang bisa meleburkan perbedaan. Di desa Wonomulyo adalah upacara galungan Jeblog. Nah di setiap desa di Indonesia cukup bagus jika menemukan satu kegiatan demikian.

Ciri-ciri kegiatan tersebut adalah mampu menyatukan perbedaan agama dan ras, dan biasanya berupa syukuran yang melibatkan seluruh elemen masyarakat. Bukan acara-acara serius.

Tinggalkan Komentar

Artikel lainnya...

Kecam Aksi Perusakan Alat Peraga Kampanye
Kecam Aksi Perusakan Alat Peraga Kampanye

Pesta demokrasi Pemilu 2024, sangat terlihat ketika…

Sosialisasikan Program KTP SAKTI Ganjar Mahfud, Diana Bagikan Telur
Sosialisasikan Program KTP SAKTI Ganjar Mahfud, Diana Bagikan Telur

Diana Amaliyah Verawatiningsih melakukan kampanye yang sangat…

HUT PDI Perjuangan 2024, Diana Yakin Menang
HUT PDI Perjuangan 2024, Diana Yakin Menang

HUT ke-51 PDI Perjuangan 10 Januari 2024…