•   Minggu, 29 Januari 2023
Berita, Gagasan
( kata)
Ngobrol Bersama PMII Trenggalek Tentang Peran Politisi Perempuan

Diana Amaliyah Verawatiningsih merasa peran perempuan belum kuat di ranah legislatif. Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Timur ini mendorong peningkatan partisipasi perempuan dalam politik.

Hal itu dia sampaikan saat menghadiri halal bihalal sekaligus Ngobrol Politik Kebangsaan bersama seratusan Kader PMII Trenggalek, di Parakan, Trenggalek, Juni lalu seperti dilaporkan situs resmi DPD PDI Perjuangan Jawa Timur.

Politisi yang akrab disapa Sasa ini mengatakan, semakin rendah keterwakilan perempuan, sedikit banyak akan berpengaruh terhadap kebijakan pro-gender.

“Kehadiran perempuan dalam pengambilan keputusan memiliki peran krusial, yakni akan membuat kebijakan lebih akomodatif dan substansial. Sehingga, demokrasi akan menghadirkan gagasan yang pro perempuan dan anak di ruang publik,” jelas Diana.

Di hadapan peserta yang lekat dengan sebutan sahabat-sahabati itu, Diana menyebut keberanian dan ketangguhan perempuan memiliki peran besar dalam kemajuan bangsa. (Baca juga: Perlunya Nyantrik Politik Agar Matang)

“Saat perempuan menjadi anggota biasa, maka tidak akan bisa memimpin. Oleh karena itu, rebut palu tertinggi, dan dengan begitu akan mampu menjadi perempuan yang dapat mengambil keputusan dengan mandiri,” katanya.

Sasa mengaku merasa ikut bertanggung jawab untuk turut menyiapkan generasi bangsa. Pegiat literasi ini pun mengungkapkan ingin memiliki kontribusi terhadap kemajuan di republik ini, secara khusus terkait terwujudnya ruang ramah perempuan dan anak.

“Dalam politik adalah hal yang penting yaitu, pendidikan politik. Di sini saya berusaha memberikan yang terbaik untuk memberikan kesadaran, khususnya melek politik,” tambah dia.

Legislator dari dapil IX Jatim ini pun menekankan kepada seluruh sahabat-sahabati PMII untuk senantiasa melakukan yang terbaik di setiap tanggung jawab yang sedang melekat.

“Jangan pernah merasa kecil hati walaupun kondisi kurang, Jadilah yang terbaik di setiap tempat kita berada, agar kita memiliki kontribusi dalam setiap perubahan,” tegasnya. (Baca juga: Ajak Pengajar PAUD Pelatihan Metode  KUBACA)

Tinggalkan Komentar

Artikel lainnya...

Liputan Politik Sampai Keliling 32 Kota Sekali Berangkat
Liputan Politik Sampai Keliling 32 Kota Sekali Berangkat

Pengalaman di dua percaturan politik pemilihan kepala…

Ide Saya di Buku Pertama
Ide Saya di Buku Pertama

Para Penggila Buku: Seratus Catatan di Balik…

Peran Anggota DPRD dalam Penyaluran Program Beasiswa
Peran Anggota DPRD dalam Penyaluran Program Beasiswa

Mungkin banyak masyarakat belum tahu bahwa anggota…