•   Senin, 30 Januari 2023
Gagasan
( kata)
Peran Anggota DPRD dalam Penyaluran Program Beasiswa

Mungkin banyak masyarakat belum tahu bahwa anggota DPRD bisa menyuarakan aspirasi rakyat dalam banyak hal. Di antaranya terkait permohonan bantuan pendidikan.

Di era Pak Jokowi, bantuan bagi masyarakat kecil tidak berhenti mengalir, mulai dari bantuan langsung tunai, hingga beasiswa-beasiswa yang sangat beragam.

Sayangnya tidak banyak orang tahu cara mengakses bantuan di luar BLT. Nah di sinilah fungsi anggota DPRD sangat dibutuhkan. (Baca juga: Bantu Pasarkan dan promosikan 5 UMKM Khas Magetan)

Seperti beasiswa Program Indonesia Pintar. Di banyak daerah beasiswa ini diberikan kepada siswa yang tidak mampu. Biasanya melalui sekolah atau melalui instansi terkait.

Namun perlu dicatat, ketika nama-nama tersebut diajukan, nantinya akan melalui survei terlebih dahulu. Secara prosedur memang demikian. Sehingga akan memakan waktu yang lebih panjang.

Nah sebagai anggota DPRD yang mewakili rakyat, punya satu keistimewaan yang kami miliki, yaitu memberikan rekomendasi penerima beasiswa. Kami seperti bertindak langsung sebagai surveyor.

Pada akhirnya mekanisme survei tidak akan terjadi. Jadi prosesnya akan lebih cepat. Sehingga sangat menguntungkan masyarakat. Tinggal anggota DPRD itu melaksanakan atau tidak.

Namun bukan berarti akan terjadi by-pass seratus persen. Di era serba digital, ada sistem yang nantinya langsung menyaring. Contoh, jika tercantum anak PNS, TNI, Polri, maka akan langsung terhapus. Itu tidak bisa ditolak. (Baca juga: Peran Teknologi Membantu Kinerja DPRD Dalam Menyerap Aspirasi)

Saya sendiri di akhir tahun 2022 mengajukan program penerima beasiswa sejumlah 200 dari wilayah Magetan. Selama 2022, totalnya 500 siswa telah menerima PIP dari jalur kami, klik sini untuk selengkapnya.

Terutama karena ini tempat kelahiran saya dan memang saya menjadi anggota dewan mewakili masyarakat sekitar.
Semoga daerah lain merasakan dan bisa mengoptimalkan wakil masing-masing yang berada di DPRD.

Baca juga: Ajak Para Pengajar PAUD Berlatih Metode KUBACA

Tinggalkan Komentar

Artikel lainnya...

Liputan Politik Sampai Keliling 32 Kota Sekali Berangkat
Liputan Politik Sampai Keliling 32 Kota Sekali Berangkat

Pengalaman di dua percaturan politik pemilihan kepala…

Ide Saya di Buku Pertama
Ide Saya di Buku Pertama

Para Penggila Buku: Seratus Catatan di Balik…

Peran Anggota DPRD dalam Penyaluran Program Beasiswa
Peran Anggota DPRD dalam Penyaluran Program Beasiswa

Mungkin banyak masyarakat belum tahu bahwa anggota…