•   Minggu, 29 Januari 2023
Gagasan
( kata)
Perlunya Perempuan Masuk Parlemen

Perempuan perlu masuk parlemen. Itu yang saya rasakan setelah sekian tahun duduk menjadi anggota DPR. Padahal dulu saya merasa lelah ketika beberapa kali kalah dalam pemilihan.

Sebelum 2019, saya beberapa kali gagal masuk DPRD dalam beberapa kali pemilu. (Baca juga: Pengalaman Gagal Masuk DPRD Dalam Beberapa Kali Pemilu)

Tapi ketika tiga kalinya saya mengikuti pemilihan, juga mendapatkan amanat dari partai, dan alhamdulillah saya terpilih, hingga kemudian mengetahui hiruk pikuk parlemen yang membuat saya bersemangat memperjuangkan beberapa aspek.

Pertama, ada beberapa kebijakan yang memang harus pro perempuan. Seperti kebijakan terkait perkawinan anak di bawah umur. Undang-undang ini di Indonesia sudah diperjuangkan sejak tahun 1950-an.

Kalau tidak ada perempuan di parlemen, akan lebih sulit lagi dalam menajamkan undang-undang tersebut. Apalagi semakin ke sini banyak kasus yang menjadikan perempuan tertindas.

Kedua, terkait perdagangan manusia yang umumnya juga menyangkut perempuan. Kita harus paling depan menyuarakan hal tersebut. Semakin mudahnya teknologi, semakin banyak pula aspek yang mengkhawatirkan terhadap perdagangan manusia.

Ketiga, kebijakan terkait perlindungan hak dalam berumah tangga. Saat ini kasus perceraian semakin tinggi. Begitu pula dengan KDRT, beberapa aspek tersebut juga menyangkut perempuan.

Belum lagi masalah ekonomi, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya. Kita harus gigih memperjuangkan hak tersebut. Kita tidak bisa sebatas demo, menjadi parlemen jalanan.

Tapi kita juga perlu berjuang melalui pemilihan umum. Oleh sebab itu kita perlu masuk ke dalam partai sebagai wadah untuk mewujudkan hal tersebut. Apalagi saya yang berasal dari rakyat biasa, bukan dari kalangan yang sudah dikenal.

Apalagi yang kita perjuangkan kalau bukan aspirasi masyarakat, khususnya perempuan. (Baca juga: Tentang Diana | Begini Asal Mula Dipanggil Sasa)

Tinggalkan Komentar

Artikel lainnya...

Liputan Politik Sampai Keliling 32 Kota Sekali Berangkat
Liputan Politik Sampai Keliling 32 Kota Sekali Berangkat

Pengalaman di dua percaturan politik pemilihan kepala…

Ide Saya di Buku Pertama
Ide Saya di Buku Pertama

Para Penggila Buku: Seratus Catatan di Balik…

Peran Anggota DPRD dalam Penyaluran Program Beasiswa
Peran Anggota DPRD dalam Penyaluran Program Beasiswa

Mungkin banyak masyarakat belum tahu bahwa anggota…