•   Rabu, 27 Oktober 2021
Berita
( kata)
Sasa Apresiasi Semangat Petani Organik Jatirejo Ngawi

NGAWI – Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Diana Amaliyah Verawatiningsih mengapresiasi semangat petani di Desa Jatirejo, Kecamatan Kasreman, Kabupaten Ngawi.

Pasalnya, di masa sulit akibat pandemi Covid-19 ini, petani di desa tersebut tetap bertahan menggunakan pupuk organik di sawah mereka.

“Saya apresiasi sekali dengan petani organik. Di zaman yang semua ingin hasil instan, dengan pupuk kimia, semangat mereka tambah berlipat,” ucap Diana, kepada pewarta media ini, Senin (15/3/2021).

Saat reses pekan lalu, dirinya sempat mengunjungi Desa Jatirejo, dan bertemu kelompok tani di sana. Saat itu, sebutnya, petani organik setempat bakal memanen padi organik untuk yang kesekian kalinya.

“Saya dengar, Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono sudah me-launching desa organik. Ini benar-benar program yang harus didukung semua stakeholder pemangku kebijakan”, imbuh Sasa, sapaan akrabnya.

Dia bakal menyampaikan aspirasi kelompok tani organik ini ke musrengbangprov, sekaligus membantu permodalan alat pembuat pupuk organik. Sasa juga menyiapkan pelatihan pemasaran produk beras organik melalui marketplace.

Saat bertemu kelompok tani di Desa Jatirejo, wakil rakyat dari dapil IX (Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, dan Trenggalek) ini memang menampung banyak aspirasi anggotanya.

Beberapa masukan dari mereka, di antaranya menginginkan pemerintah hadir mendampingi petani organik, agar bisa bertahan. “Karena banyak dari kita, adalah pemain baru di dunia ini,” kata Kepala Desa Jatirejo, Agus Suwoko.

“Mengubah mindset petani untuk berpindah dari pupuk kimia ke organik, dibutuhkan waktu yang panjang. Alhamdulillah di desa Jatirejo sudah 6 kali panen,” ucap kepala desa nyentrik dengan topi khasnya ini.

Di Kabupaten Ngawi yang merupakan salah satu lumbung padi terbesar di Indonesia, memang lagi gencar-gencarnya sosialisasi untuk beralih ke beras organik.

Beberapa macam varietas sudah ada, antara lain, mentik susu, mentik wangi, dan lainnya. (afm)

Sumber: http://pdiperjuangan-jatim.com/sasa-apresiasi-semangat-petani-organik-jatirejo-ngawi/

 

Tinggalkan Komentar

Artikel lainnya...

Turba Ke TPA Raudhatul Jannah Desa Grabahan, Magetan
Turba Ke TPA Raudhatul Jannah Desa Grabahan, Magetan

Diana AV tetap berkomitmen turba alias turun…

Jumat untuk Rakyat, Diana Borong Sapu
Jumat untuk Rakyat, Diana Borong Sapu

Melanjutkan kebiasaan berbagi setiap Jumat, Diana Amaliyah…

Hadiri Upacara Kebo Ketan Ngawi Ke-6
Hadiri Upacara Kebo Ketan Ngawi Ke-6

Jauh sebelum terjun di kancah politik, Diana…