•   Jum'at, 16 Februari 2024
Gagasan
( kata)
Saya Butuh Teman Sesama Perempuan
Advertisements

Saya kadang termenung di kursi dewan sebagai perempuan. Banyak kebijakan yang harus dituangkan untuk mendukung perempuan di Indonesia. Mulai dari perlindungan di ranah publik, bahkan sampai kebijakan terkait tenaga kerja wanita di luar negeri.

Untuk menyukseskan hal tersebut saya harus diskusi panjang dengan beragam personal di fraksi. Sayangnya adalah perempuan yang duduk di dewan masih belum banyak. Ini cukup berat untuk bisa mewujudkan aspirasi.

Masalahnya memang kompleks. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kaum mengepa kaum perempuan belum banyak mewarnai ranah politik.

Pertama, partisipasi perempuan dalam politik masih rendah. Politik memang keras, berat, tapi bukan berarti harus dijauhi. Justru peran perempuan sebetulnya harus ditingkatkan.

Kedua, peran perempuan dalam pemilihan dewan sebenarnya cukup tinggi. Kalau kita mencari tim sukses, pasti perempuan menjadi satu tulang punggung. Saya sendiri demikian, teman-teman sejawat perempuan tangguh-tangguh.

Sayangnya hal ini tidak sejalan dengan keterpilihan perempuan di dewan. Entah kenapa terkadang masih ada yang memandang sebelah mata. Padahal ketika perempuan sudah maju ke gelanggang politik, sudah banyak aspek yang dikorbankan.

Kenyataannya meskipun belum banyak, tapi calon legislatif dari perempuan di setiap partai pasti ada. Sayangnya mereka tidak terpilih. Padahal perempuan di dewan tidak bisa dipandang sebelah mata. Militansinya tinggi.

Oleh sebab itu, saya mengajak untuk tidak segan memilih anggota dewan dari perempuan. Karena peran dalam melahirkan kebijakan perempuan sangat penting. Hingga kini ketercapaian perempuan belum mencapai 30 persen.

Padahal hadirnya perempuan akan menyempurnakan formulasi kebijakan publik yang sampai detik ini, banyak masalah timbul objeknya adalah kaum hawa. Harapan besar nantinya bisa mewujudkan kesejahteraan yang setara terhadap semua lapisan masyarakat.

Tinggalkan Komentar

Artikel lainnya...

Kecam Aksi Perusakan Alat Peraga Kampanye
Kecam Aksi Perusakan Alat Peraga Kampanye

Pesta demokrasi Pemilu 2024, sangat terlihat ketika…

Sosialisasikan Program KTP SAKTI Ganjar Mahfud, Diana Bagikan Telur
Sosialisasikan Program KTP SAKTI Ganjar Mahfud, Diana Bagikan Telur

Diana Amaliyah Verawatiningsih melakukan kampanye yang sangat…

HUT PDI Perjuangan 2024, Diana Yakin Menang
HUT PDI Perjuangan 2024, Diana Yakin Menang

HUT ke-51 PDI Perjuangan 10 Januari 2024…