•   Kamis, 22 Februari 2024
Berita
( kata)
Seleksi PPPK Berbasis CAT, Diana: Ini Mencegah Nepotisme
Advertisements

Anggota Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur Diana Amaliyah Verawatiningsih memantau pelaksanaan seleksi kompetensi dasar calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Asrama Haji Kota Madiun  (14/11/2023).

Dalam pemantauan, komisi A yang membidangi kepegawaian itu menyoroti sejumlah hal dalam pelaksanaan seleksi berbasis computer assisted test (CAT) tersebut.

Politisi PDI Perjuangan ini menilai, penerapan sistem CAT mampu mengurangi stigma negatif pelaksanaan rekrutmen aparatur sipil negara (ASN).

Dulunya, jelas perempuan yang juga pegiat literasi dan medsos tersebut, penjaringan calon abdi negara identik dengan praktik nepotisme.

“Penerapan CAT dalam seleksi PPPK ini bisa mengurangi nepotisme yang dulu menjadi momok,” ujar Diana Sasa, panggilan akrab Diana Amaliyah Verawatiningsih.

“Ini adalah progres yang bagus dan yang diterima akan menempati posisi tepat sesuai kemampuan. The right man on the right place,” sambungnya.

Baca juga: Bangga Sekaligus Tertantang Pascagelaran Livoli 2022 Di Magetan

Saat ditanya tentang pelaksanaan SKD PPPK di Asrama Haji Kota Madiun, Diana menjawab bahwa masih ada beberapa hal yang perlu dievaluasi. Salah satunya, tentang ketersediaan ruang bagi peserta saat menunggu jadwal tes berlangsung.

“Cuaca cukup panas. Tadi, semua peserta kipas-kipas. Mestinya ada ruang khusus yang ber-AC agar kondisi fisik peserta terjaga,” jawabnya seperti dikutip situs resmi DPD PDI Perjuangan Jawa Timur.

Belum lagi bagi peserta yang sedang hamil dan sakit. Menurut Diana, cuaca panas yang tengah berlangsung dapat mengganggu stamina mereka.

“Ini akan kita evaluasi bersama BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Provinsi Jatim sebagai mitra kami,” pungkasnya.

Baca juga: Salurkan 500 Beasiswa Indonesia Pintar Dalam Setahun

Tinggalkan Komentar

Artikel lainnya...

Kecam Aksi Perusakan Alat Peraga Kampanye
Kecam Aksi Perusakan Alat Peraga Kampanye

Pesta demokrasi Pemilu 2024, sangat terlihat ketika…

Sosialisasikan Program KTP SAKTI Ganjar Mahfud, Diana Bagikan Telur
Sosialisasikan Program KTP SAKTI Ganjar Mahfud, Diana Bagikan Telur

Diana Amaliyah Verawatiningsih melakukan kampanye yang sangat…

HUT PDI Perjuangan 2024, Diana Yakin Menang
HUT PDI Perjuangan 2024, Diana Yakin Menang

HUT ke-51 PDI Perjuangan 10 Januari 2024…